Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis - Hallo sahabat contestreblogged, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis
link : Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

Baca juga


Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

BINGUNG ATUR MENU BUKA? YUK INTIP ANEKA MACAM MENU BUKA PUASA YANG SEDERHANA DAN PRAKTIS


Puasa selama seharian penuh mulai dari waktu subuh hingga masuk waktu maghrib, menahan diri dari segala hal-hal jelek serta makan dan minum niscaya menjadi sebuah usaha tersendiri. Tak heran bila banyak yang sibuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk untuk menyambut waktu berbuka.

Diartikel kali ini saya akan membagikan Panduan Menu Berbuka Puasa, Menu Buka Puasa Yang Sederhana dan Murah dan Menu Sehat Berbuka Puasa. Makara jangan hingga kelewatan ya. 

Panduan Menu Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

Pada bulan suci Ramadhan buka puasa selalu di jadikan momen – momen yang paling dinantikan – tunggu setiap harinya. Karena pada ketika buka puasa setiap keluarga akan menyajikan bermacam-macam hidangan berbuka dengan aneka macam macam varian kuliner dan minuman yang sangat Istimewa dan sengaja di buat hanya untuk berbuka puasa.

Dibalik keistimewaan cita rasa hidangan berbuka puasa ada seorang ibu rumah tangga yang repot menyiapkan semua sajian hidangan buka puasa yang Istimewa bagi keluarganya. Beberapa jam sebelum waktu berbuka para ibu rumah tangga di pusingkan mencari hidangan apa yang akan dimasak untuk keluarganya, dan tentunya cocok dan enak untuk di hidangkan pada waktu adzan Maghrib tiba.

Untuk menyambut waktu berbuka puasa, sudah niscaya para ibu rumah tangga harus lebih teliti mengenai asupan – asupan baik dan kaya nutrisi yang diharapkan untuk menggantikan nutrisi  tubuh selama menjalani puasa di siang hari. Hidangan hidangan untuk berbuka puasa yang baik sudah niscaya ialah kuliner yang sehat dan bergizi.

Tentu saja para ibu rumah tangga mempunyai pandangan tersendiri dalam menentukan hidangan buka puasa yaitu  pastinya, hidangan buka puasa yang sederhana dan praktis. Dengan sisa tenaga yang dimilikinya untuk mengolah materi makanan  menjadi sajian hidangan yang istimewa ketika berbuka puasa.

1. Berbuka Dengan Buah Kurma

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

Buah kurma yang dianjurkan ketika berbuka ialah yang lembek dan manis dengan kandungan karbohidrat yang berfungsi mengembalikan energi dalam tubuh.

2. Awali Berbuka Dengan Minum Air Putih

Ada baiknya segera minum segelas air putih hangat atau biasa untuk menyegarkan tenggorokan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa.

3. Minum Minuman Yang Manis

Setelah berbuka dengan segelas air putih, barulah anda sanggup mengonsomsi  minuman yang mengandung gula atau santan menyerupai es buah, yang pastinya sangat menyegarkan. Fungsi dari minuman manis ialah meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang sanggup menyetabilkan energimu. Tapi ingat ya! Jangan kebanyakan minuman manis ya!

4. Makan Makanan Tinggi Protein

Pastikan kau tidak pribadi mengonsumsi kuliner berat ketika membatalkan puasa biar perutmu tidak kaget mendapatkan lauk-pauk berat sesudah seharian kosong.
Konsumsi kuliner mengandung protein tinggi menyerupai daging, ikan, tahu, tempe dan telur. Selain mengandung protein yang tinggi kuliner – kuliner tersebut juga kaya gizi.

5. Salad

Makanan sehat lain yang sanggup Anda coba ialah salad. Meski terlihat ringan, tetapi mengonsumsi salad sayur juga cukup mengenyangkan kok. Terlebih lagi, kalau Anda menambah telur di atasnya. Perpaduan sayur dan protein ini sangat sempurna untuk menjaga kesehatan tubuh pada ketika Ramadan.

6. Buah – Buahan

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan selepas mengonsumsi kuliner berat untuk mengisi kebutuhan serat dan vitamin dalam tubuh. Buah-buahan akan membantu tubuhmu memproses kuliner dengan baik dan melancarkan pencernaan.

Menu Buka Puasa Sederhana, Murah Dan Mudah Favorit Semua Kalangan 

Berbagai jenis kuliner kita tulis untuk dipersiapkan sebagai hidangan buka puasa. Makanan-makanan tersebut merupakan pecahan dari hidangan favorit kita atau yang sedang dibayangkan pada siang hari.

Bisa membeli secara instan, sanggup pula membuatnya sendiri. Tetapi, dari sekian banyak hidangan favorit selama bulan puasa, ada lima hidangan buka puasa yang paling sering dicari ketika azan Magrib berkumandang.

1. Gorengan

Selain simple, rasa gorengan yang enak menciptakan banyak orang ketagihan. Sebagian orang merasa bahwa makan gorengan saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa lapar, dibandingkan pribadi mengonsumsi kuliner berat. Anda sanggup mengonsumsi pisang goreng, ubi goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng maupun bakwan untuk mengganjal perut.

2. Teh manis hangat

Gorengan dan teh manis hangat menjadi pasangan ideal ketika berbuka puasa. Mereka sanggup menggantikan energi yang hilang saatsetelah seharian beraktivitas dalam kondisi puasa

3. Kurma, tiga buah cukup

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

4. Kolak 

Mungkin ini ialah hidangan buka puasa favorit  keluarga di indonesia. Selain segar, kolak juga mengenyangkan dan sehat sebab didalamnya terdapat buah – buahan yang mengandung karbohidrat dan nutrisi – nutrisi lain yang sanggup menghilangkan rasa lapar serta mengisi energi seketika.

5. Ikan Lele Goreng dan Sambal Tomat

Ikan lele greng atau yang biasa dikenal dengan pecel lele. Isi dari hidangan yang satu ini ialah ikan lele goreng yang disajikan bersama sambal tomat. hidangan yang satu ini sangat gampang dijumpai dipinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Tapi kalau memang ingin membuatnya sandiri dirumah, materi – materi dan cara pembuatannya pun sederhana.

6. Nasi Goreng Telur

Nasi goreng telur ialah hidangan kuliner yang sangat sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan nasi goreng hanya nasi putih, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, telur dan minyak goreng. Namun, Anda juga menambahkan lauk berupa potongan ayam atau baso sapi.

Akan tetapi saya tidak menyarankan anda untuk menyantapnya ketika sahur sebab akan menciptakan anda cepat haus.

7. Pecel

Rasa dan tampilan pecel memang sedikit menyerupai dengan karedok khas jawa barat. Pecel ini merupakan hidangan berbuka yang simpel dan mudah. Yakni anda hanya perlu membeli sayuran menyerupai kangkung, tauge dan kacang panjang. Kemudian anda sanggup beli bumbu pecel jadi atau membuatnya sendiri.

Untuk menciptakan pecel yang nikmat  sekaligus dengan bumbunya anda hanya perlu merogoh kocek 10 ribu saja.selain murah, pecel juga merupakan hidangan berbuka yang kaya vitamin sebab didominasai oleh sayur – sayuran.

8. Tahu-Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Anda niscaya oke bahwa kuliner yang satu ini masuk ke dalam jajaran hidangan buka puasa simpel dan murah. Ya, tahu dan tempe goreng ialah kuliner khas Indonesia yang harganya sangat murah.

Mengolah tahu-tempe goreng sangatlah mudah. Tahu dan tempe mentah direndam dalam air garam dan bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, goreng tahu dan tempe dalam minyak panas hingga warnanya kekuningan. Sajian tahu-tempe goreng dan sambal kecap ini hanya menghabiskan dana 5 ribu rupiah saja.

9. Tumis Sayuran

Menu sehat yang satu ini sangat cocok untuk disantap ketika berbuka puasa. Anda sanggup memakai sayuran favorit Anda, menyerupai kangkung, tauge, sawi, bayam, dan brokoli. Bumbu untuk menumis sayuran ini hanyalah bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap asin.

Kemudian, Anda juga sanggup menambahkan materi tambahan, menyerupai udang atau telur puyuh, ke dalam tumis sayuran ini. Tumis sayur tanpa lauk ini hanya membutuhkan dana sekitar 5-7 ribu rupiah, tergantung pada banyaknya sayuran yang Anda masak.

10. Telur Penyet dan Sambal Terasi

Telur penyet ini sanggup berupa telur rebus yang digoreng, telur mata sapi, atau telur dadar. Kemudian, Anda hanya perlu menciptakan sambal terasinya sebagai pendamping. Untuk menciptakan hidangan kuliner ini, Anda hanya perlu menyediakan uang 7 ribu rupiah saja.

Telur penyet dan sambal terasi ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat apalagi ditambah dengan kerupuk. Maka hidangan yang satu ini menjadi lebih nikmat.

11. Sup Kacang Merah

Mencari hidangan buka puasa simpel dan murah yang juga bergizi? Anda sanggup menciptakan sup kacang merah. Bahan-bahan yang diharapkan untuk memasak sup kacang merah ialah kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau sapi.

Nah, langkah selanjutnya ialah Anda harus merebus 1 liter air ini bersama kaldu instant hingga air berkurang menjadi tinggal 750 ml saja. Sembari menunggu, Anda sanggup menumis bawang dengan sedikit minyak goreng hingga harum. kemudian, masukkan bawang dengan kacang merah dan wortel ke dalam air kaldu tersebut. Jika Anda mempunyai dana lebih, Anda sanggup menambahkan sedikit daging sapi ke dalam sup kacang merah ini.

12. Sayur Bening

Salah satu hidangan yang simpel dan murah untuk hidangan buka puasa maupun sahur ialah sayur bening. Bahan-bahan untuk menciptakan sayur bening ialah bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

Sejatinya, sayur bening ini lebih nikmat jikalau disantap dengan bakwan jagung. Sayangnya, resep untuk menciptakan bakwan jagung sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, sayur bening ini sanggup disantap bersama ikan pindang goreng atau ikan mujair goreng sebagai lauknya.

13. Soto

Makanan berkuah yang utama sanggup anda coba ialah soto. Kuah soto yang gurih dan yummy akan semakin nikmat ketika dipadukan dengan materi isian dan pendamping lainnya. Anda  sanggup menentukan soto ayam, kambing, atau tebas sesuai selera.

14. Sayur asem

Suka hidangan yang segar dari asam? Sayur asem ini cocok untuk anda. Citarasanya sangat unik dan sungguh beragam. Perpaduan dari asin, asam, pedas, dan sedikit manis. Campuran sayur di dalamnya pun sanggup diubahsuaikan selera. Seperti jagung, kacang panjang, nangka muda, labu siam, hingga melinjo. Sehat sekali, kan.

15. Sayur lodeh

Komposisi materi sayur lodeh ini hampir menyerupai dengan sayur asem. Yang membedakan ialah beberapa materi utama wajib serta racikan untuk kuahnya. Sayur lodeh memakai santan sehingga rasanya sangat gurih dan yummy disantap bersama sepiring nasi hangat.

16. Sayur sop

Bisa dibilang, sayur sop ini ialah paket komplit untuk makan malam. Selain aneka macam sayuran, sayur sop juga dilengkapi dengan sumber protein menyerupai daging/ayam, seafood, bakso, atau sosis. Sayur sop paling yummy dan menyegarkan ketika disantap hangat dengan sepiring nasi dan sambal favorit anda.

17. Bakso

Kalau yang satu ini sih saya jamin jadi favorit hampir semua orang. Apalagi dijadikan hidangan makan ketika berbuka puasa. Wah, dijamin akan sangat memanjakan lidah. Seperti sop, bakso juga cukup lengkat kandungan gizinya. Mulai dari karbohidrat dari mie/bihun, protein dari bakso, hingga serat sayuran dari caisim, tauge, dan daun bawang. Mantap!


Menu Sehat Buka Puasa Yang Mengenyangkan dan Dapat Mengembalikan Energimu Yang Hilang 

Meskipun telah menahan lapar dan haus seharian, tak jarang berat tubuh kita justru membengkak selama bulan puasa, iya kan?. Penyebabnya, mungkin seringkali kita menyantap kuliner berlebihan ketika sahur dan berbuka. Padahal, kuliner yang enak belum tentu sehat dan sanggup mengembalikan energi, malah justru sanggup aja mengundang penyakit.

Ada beberapa kuliner sehat yang saya rekomendasikan untuk jadi hidangan buka puasa. Selain sehat, kuliner – maknan ini sanggup mengembalikan energimu yang hampir hilang sebab seharian berpuasa.
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, hidangan buka puasa identik dengan aneka takjil manis dan sajian mengenyangkan menyerupai kolak, gorengan, hingga nasi lengkap dengan aneka lauk-pauk. Aneka hidangan kuliner tersebut dipercaya sanggup mengembalikan energi sesudah seharian menahan lapar dan haus.

Meski begitu, ternyata ada pula beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi aneka sajian khas Ramadhan tersebut sebab kandungan gula, lemak jenuh dan garamnya yang terbilang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui, kandungan tersebut sanggup berdampak kurang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan dan terus - menerus, bahkan dipercaya menjadi salah satu penyebab meningkatnya bobot tubuh selama Ramadhan.

Namun tak perlu khawatir, saya akan rekomendasikan hidangan alternatif menyehatkan untuk Ramadhan yang tak kalah lezat. Selain lezat, hidangan ini juga cocok disajikan sebagai hidangan buka puasa mengenyangkan bagi kau yang sedang berdiet.

1. Oatmeal dengan irisan buah

Oatmeal dengan irisan buah sanggup dijadikan salah satu hidangan berbuka puasa yang sehat. Kandungan protein dan seratnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda.
Dalam 100 gram oatmeal, kau sanggup menemukan 38 kalori, 10 gram serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk menciptakan oatmeal yang enak, kau sanggup menambahkan irisan buah-buahan di atasnya. Seperti strawberi yang kaya vitamin C dan pisang sebagai asupan kalori.

2. Smoothies

Terbiasa minum kolak sebagai takjil ketika berbuka? Anda sanggup coba cara yang satu ini, menggantikan kolak dengan smoothies. Selain lebih sehat smoothies juga tak kalah enak dan mengenyangkan. Kamu sanggup menciptakan smoothies dengan irisan buah dan sayur kesukaanmu yang dipadukan dengan yoghurt segar, cara ini sanggup mengembalikan energimu seketika.

Bahkan, minuman segar ini sanggup membantu menjaga kesehatan selama berpuasa. Pasalnya, terdapat vitamin c didalam buah yang sanggup membantu tubuh anda tetap fit.

3. Salad sayur dan buah

Selain mengolahnya menjadi smoothies anda juga sanggup mengolahnya menjadi salad. Walaupun kuliner ini terlihat ringan, tetapi bergotong-royong kuliner yang satu ini mengenyangkan, kok. Hebatnya lagi , ketika makan salad buah dan sayur sebanyak apapun perutmu tidak akan mencicipi begah. Makanan sehat ini pun sanggup mengembalikan tenaga yang hilang sebab berpuasa.

Tidak hanya baik untuk dijadikan hidangan berbuka salad juga manis dikonsumsi ketika sahur. Karena kandungan vitamin dan protein didalam salad sanggup menciptakan tubuh lebih sehat dan berenergi mesi ketika berpuasa.

Agar salad anda terasa lebih yummy anda sanggup menambahkan aneka saus menyerupai yoghurt, perasan air lemon atau honey citrus dressing sauce yang asam manis. Selain itu anda juga sanggup menambahkan aneka biji- bijian yang kaya akan serat.

4. Nasi merah 

Jika selama ini anda terbiasa mengonsumsi beras merah, mulai dari kini cobalah menggantinya dengan beras merah. Walaupun harganya jauh lebih mahal dari beras putih tapi beras merah mempunyai banyak kelebihan dibandingkan beras putih.

Nasi merang mengandung zat besi yang tinggi  sehingga dapt mengembalikan energi dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, beras  merah juga sangat bermanfaat bagi para penderita anemia. Kandungan zat besi yang ada didalam beras merah sanggup membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas ketika berpuasa.

5. Es kelapa

Minuman kemasan sangat tidak dianjurkan ketika berbuka puasa. Apalagi minuman yang kadar gulanya tinggi. Sebaiknya anda mengonsumsi air kelapa ketika sahur dan berbuka puasa.

Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa sanggup menggantikan energi tubuh yang hampir hilang sesudah seharian berpuasa. Selain itu, elektrolit juga sanggup menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika sedang beaktivitas.

Air kelapa juga gampang diserap tubuh, sehingga sanggup menghidari anda dari dehidrasi. Tips dari saya, jikalau anda ingin menambah tenaga dan energi dalam waktu singkat , anda sanggup menambahkan madu ketika meminum air kelapa. Selamat mencoba ya!

6. Sup bayam

Sudah banyak yang mengetahui kalau bayam merupakan gudangnya zat besi. Kandungan zat besi dalam sayuran ini sanggup membantu meningkatkan oksigen di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam sayur ini sanggup melindungi usus dan susukan pencernaan dari radikal bebas. Anda sanggup mengonsumsi sayur ini dengan nasi hangan dan sambal, mantap bukan?

7. Capcay kuah

Capcay dengan aneka macam sayuran memang sanggup dijadikan hidangan andalan ketika berbuka. Vitamin dan mineral yang ada didalam capcay ampuh mengembalikan energi seketika. Sehingga anda tidak perlu takut mengalami konstipasi sebab sedang berpuasa.

8. Nasi jagung dengan lauk tradisional lezat

Nasi jagung ialah salah satu hidangan tradisional yang sanggup kau sajikan sebagai hidangan berbuka yang sehat. nasi jagung terbuat dari jagung bau tanah yang ditumbuk kemudian dikukus hingga matang, kandungan serat yang ada pada jagung sanggup memperlancar sistem pencernaan sehingga ibadah puasa anda sanggup lebih maksimal.

Selain itu, kandungan zat besi pada jagung juga dapat  mencegah dan mengurang i resiko anemia atau kekurangan darah. Agar lebih nikmat anda sanggup memadukan nasi jagung ini dengan aneka lauk pauk menyerupai ayam goreng, tumisan dan sambal pedas.

9. Kentang tumbuk creamy 

Kentang tumbuk atau mashed potato sangan cocok disajikan sebagai hidangan berbuka puasa selain yummy hidangan yang satu ini juga sanggup dijadikan sebagai pengganti nasi yang mengenyangkan.

Selain kaya akan kerbohidrat dan serat pangan, kentang juga mengandung karotenoid yang sanggup meningkatkan kesehatan jantung. Saya akan menjelaskan secara singkat cara pembuatannya. Pertama haluskan kentang yang telah dikukus bersama mentega, keju parut dan susu cair kemudian aduk hingga teksturnya menjadi lengket. Kentang tumbuk creamy dan gurih akan lebih nikmat bila disajikan dengansteak atau irisan daging panggang.

10. Nasi goreng quinoa yang tinggi serat

Sesuai dengan namanya, nasi goreng quinoa terbuat dari biji quinoa yang direbus kemudian ditumis bersama dengan bumbu nasi goreng menyerupai bawang dan cabai.

Selain unik, nasi goreng quinoa juga lebih menyehatkan sebab kandungan serat, protein dan asam amino esensialnya yang sanggup meningkatkan kualitas kesehatan dan mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang baru.

Agar kandungan gizi pada nasi goreng quinoa lebih seimbang anda sanggup mengombinasikannya dengan brokoli, sawi, wortel atau aneka daging yang tinggi protein.

11. Sup makaroni penghangat badan

Sup makaroni yang hangat sanggup menjadi alternatif hidangan buka puasa yang sehat dan ringan tapi mengenyangkan. Selain itu, makaroni juga sanggup mengembalikan energi serta menciptakan perut kenyang lebih usang sebab indeks glikemiknya yang rendah.

Indeks glikemik yang rendah sanggup menciptakan proses peresapan glukosa menjadi lebih lambat.agar lebih sehat dan nikmat anda sanggup memadukan sup makaroni ini dengan sayuran, potongan daging ayam, ikan atau udang.

12. Bihun goreng berpadu sayuran yang segar

Bagi kau pecinta kuliner indonesia, hidangan yang satu ini sanggup jadi hidangan andalan. Bihun goreng sanggup dijadikan hidangan pengganti nasi yang cocok disajikan ketika buka puasa. Selain tekstur kenyalnya yang dapt meningkatkan nafsu makan, bihun juga termasuk olahan kuliner yang mempunyai indeks glikemik rendah yang sanggup mengenyagkan perut lebih lama.

13. Pasta dengan saus Aglio e Olio nan gurih

Pasta aglio e olio sanggup dijadikan hidangan buka puasa yang cocok bagi kau yang sedang mengurangi konsumsi nasi atau saus berbahan susu. Selain teksturnya yang kenyal dengan perpaduan saus gurih, proses pembuatannya yang gampang juga akan menciptakan persiapan buka puasa menjadi lebih singkat.

Cukup rebus pasta hingga al dente kemudian siram dengan saus aglio e olio yang terbuat dari tumisan bawang putih, cabe kering dan parsley. Kamu juga sanggup menambahkan tumisan udang atau daging ayam.

Jangan lupa untuk membagikan Aneka Resep Dan Tips Rempeyek Teri Yang Renyah Dan Gurih kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar hidangan kuliner apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.


Demikianlah Artikel Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

Sekianlah artikel Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bingung Atur Sajian Buka? Yuk Intip Banyak Sekali Sajian Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis dengan alamat link https://contestreblogged.blogspot.com/2010/08/bingung-atur-sajian-buka-yuk-intip.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel